Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Objek Wisata Menarik Yang Wajib Anda Dikunjungi Saat Libur Lebaran Area di Boyolali dan Sekitarnya


Fidhatips 2019 - Anda asli Boyolali atau anda ingin liburan ke Boyolali? Kabupaten ini termasuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah. Pusat pemerintahannya berada di kecamatan Boyolali. Boyolali dikenal sebagai kota susu. Hal ini dikarenakan produksi susu di Boyolali adalah yang terbesar di Jawa Tengah. Tidak heran kalau orang Boyolali sehat-sehat ya, minumannya saja susu segar. Selain terkenal seabgai penghasil susu sapi, Boyolali juga menjadi salah satu penghasil sayuran yang terkenal dengan kualitasnya yang bagus, khususnya di kawasan Cepogo dan Selo.

Boyolali sendiri berbatasan dengan Kabupaten Semarang dan Kabupaten Grobogan di utara; Kabupaten Sragen, Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Surakarta (Solo) di timur; Kabupaten Klaten dan Daerah Istimewa Yogyakarta di selatan; serta Kabupaten Magelang dan Kabupaten Semarang di barat. Kabupaten ini termasuk kawasan Solo Raya. wikipedia.org

Tempat Wisata Boyolali Boyolali dan Sekitarnya Yang Wajib Anda Kunjungi Saat Liburan Lebaran. Kali ini saya akan mengajak anda liburan ke beberapa objek wisata Boyolali yang sayang untuk dilewatkan, berikut ini setidaknya ada beberapa objek wisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi.

1. Objek Wisata Air Terjun Kedung Kayang Boyolali-Magelang 
Air terjun kedung kayang adalah objek wisata Boyolali paling terkenal dan menjadi favorit wisatawan yang datang liburan ke Boyolali. Air terjun ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pemandangan sekitarnya masih alami dan asri. Air terjun ini berada diantara dua Gunung yaitu Merbabu dan Merapi.


Air terjun ini menjadi ‘rebutan’ antara Kabupaten Magelang dan Boyolali, karena lokasinya yang berada diantara Desa Wonolelo, kecamatan Sawangan, kabupaten Magelang dan Desa Klakah Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali.

Air terjun ini berjarak:
1) Dari Kabupaten Magelang : 30 km
2) Dari Kabupaten Boyolali : 30 km
3) Dari Yogyakarta : 55 km

Harga tiket masuk per orang sebesar Rp 2.500, didalam kawasan wisata kedung kayang juga terdapat tempat istirahat bagi pengunjung.Pengunjung dapat menikmati pemandangan sungai alami dengan air yang cukup jernih, selain itu pengunjung dapat bermain air di bawah air terjun .
Fasilitas yang tersedia berupa penginapan/ homestay, perkemahan, dan warung. Waktu yang paling ramai dikunjungi adalah hari sabtu-minggu dan hari libur nasional terutama bagi pasangan muda-mudi.

2. Pemandian Umbul Pengging

Melihat kondisi air yang sangat jerih di pemandian ini niscaya akan membuat siapapun tak tahan untuk segera menceburkan diri ke dalamnya. Dasaran kolam yang berupa batu-batu halus terlihat begitu jelas.





Pemandian Pengging ini berada di kecamatan Banyudono. Sekitar 20 menit jika ditempuh dari Kota Solo. Tempat ini cukup spesial karna dulunya merupakan tempat pemandian keluarga Kraton Kasunanan Solo. Sehingga jangan heran kalau di sekitar sana masih terdapat bangunan-bangunan yang bernuansa kraton. Di sekitar pemandian juga terdapat makam seorang pujangga kraton bernama Raden Ngabehi Yosodipuro

Terletak di Banyudono, merupakan wahana wisata kreasi air. Penging memiliki keunggulan dimana dulunya merupakan tempat mandi keluarga Kasunanan Surakarta (Pemandian Tirto Marto). Sehingga disekitar Pengging ini masih dapat ditemukan bangunan-bangunan bersejarah yang unik milik Kasunanan Surakarta. Juga terdapat makam salah seorang pujangga Keraton Surakarta yaitu Raden Ngabehi Yosodipuro.

3. Objek Wisata Taman Air Tlatar Boyolali

Objek wisata Boyolali yang tidak kalah terkenalnya adalah taman air Tlatar yang lokasinya ada di Desa Kebonbimo, Kecamatan Boyolali dengan jarak tempuh dari kota kira-kira 4 km ke arah utara.





Objek wisata Boyolali ini snagat cocok sekali untuk menikmati waktu liburan bersama keluarga apalagi bersama anak-anak. Pasti semua akan merasa senang saat liburan disini, karena terdapat banyak wahana permaian disini, fasilitas yang tersedia berupa rumah makan lesehan, pemancingan, kios cenderamata, kolam renang anak dan dewasa, taman wisata air, lapangan woodball, panggung hiburan setiap menjelang bulan Puasa.

Disini anda bisa menikmati aneka sajian kuliner lezat sambil bermain air, pasti seru sekali bukan? Selain fasilitas yang sudah disebutkan di atas, juga ada “Kolam Keceh”, becak air serta terapi ikan. Tidak heran kalau objek wisata Boyolali yang satu ini selalu ramai, apalagi saat akhir pekan.

4. Objek Wisata Sejarah Candi Lawang di Boyolali

Objek wisata Boyolali yang menawarkan pesona sejarah salah satunya adalah Candi Lawang. Boyolali memiliki banyak peninggalan sejarah masa lampau, terutama peninggalan para wali. 



Candi ini merupakan peninggalan Hindu abad ke-9 yang menghadap ke arah Barat.  Di sekeliling candi tidak ditemukan arca maupun relief. Yang ada hanya batu berornamen. Sekitar candi tersebar bebatuan yang belum disusun.  Candi lawang terletak di Dusun Gedangan, Kec. Cepogo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Dari Jogja menuju kota Boyolali bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan sepeda motor. Rute yang paling singkat adalah Jogja-Klaten-Boyolali tanpa perlu melewati Kartasura.

Untuk menuju Kec. Cepogo, arahkan kendaraan ke jalur menuju Ketep Pass. Sedangkan untuk menuju Candi Lawang, alangkah baiknya kalau bertanya kepada warga. Walau ada beberapa papan petunjuk arah ke candi, tetap saja kami menghabiskan waktu 30 menit untuk tersasar di Dusun Gedangan. 

5. Objek Wisata Sejarah Candi Sari di Boyolali
Candi sari juga menjadi salah satu objek wisata Boyolali yang menawarkan nilai sejarah masa lalu. Candi ini berada di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Boyolali. Candi Hindu ini kali pertama ditemukan sekitar 1967.  Bukit tempat Candi Sari berada dipercaya sebagai sumber mata air yang penting bagi kehidupan warga sekitar. Situs sejarah itu dikeramatkan oleh warga.



Candi Sari dikelilingi beberapa desa yang warganya masih memegang kepercayaan dan menjaga kelestarian bangunan. Desa yang mengelilingi antara lain Candirejo, Candisari dan Josari.  Candi Sari berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo. Candi Sari merupakan sebuah candi Hindu yang lokasinya berada di atas bukit.

6. Waduk Kedung Ombo Boyolali

Waduk Kedung Ombo menjadi objek wisata Boyolali yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya ada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu, sekitar ± 50 km ke arah utara Kota Boyolali menjanjikan rekreasi hutan dan air yang menyegarkan serta pemancingan. 



Waduk ini sendiri sebenarnya berada di tiga kabupaten yakni Boyolali, Sragen serta Grobogan. Di bagian Boyolali, waduk berada di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu. Jaraknya kira-kira 50 km dari kota Boyolali ke arah utara. Selain berfungsi untuk mengairi persawahan, waduk ini juga punya objek wisata yang sangat menarik

Fasilitas yang tersedia berupa:
  • Bumi Perkemahan / Camping Ground.
  • Hutan Wisata / Forest Resort.
  • Tempat Pemancingan / Fishing Area.
  • Rumah Makan Apung / Floating Restourant.
  • Wisata Air / Water Resort. 
7. Objek WisataNew Selo Boyolali

Nah ini dia salah satu objek wisata Boyolali yang menarik untuk kita kunjungi, anda bisa menikmati pemandangan dari ketinggian. Gardu Pandang NEW SELO merupakan landmark yang paling mencolok di kawasan koridor Taman Nasional Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.
 


New Selo berada di batas kawasan hutan dengan lahan masyarakat yang posisinya ada di ketinggian, New Selo sendiri merupakan titik awal pendakian ke Gunung Merapi, kita dapat menjumpai joglo, gardu pandang, beberapa warung makan, serta fasilitas MCK.

Perlu anda ketahui, akses jalan kesini berupa jalan aspal halus, namun kelerengan yang cukup terjal memerlukan nyali tersendiri untuk menempuhnya. Kalau tidak bernyali, kita dapat memarkir kendaraan kita di kompleks Joglo Mandala, dan kita dapat menuju kawasan NEW SELO dengan berjalan kaki atau mencarter kendaraan mobil bak terbuka (pick up). Jarak dari kompleks ke NEW SELO kurang lebih 1 km dengan kelerengan hingga 80% ke arah puncak Merapi. 

8. Waduk Cengklik Boyolali

Selain waduk Kedung ombo, juga ada Waduk Cengklik yang menjadi salah satu destinasi wisata Boyolali yang menarik dikunjungi. 


Objek Wisata Waduk Cengklik Boyolali 

Wadung Cengklik berada di Desa Ngargorejo dan Sobokerto, Kecamatan Ngemplak ± 20 km ke arah timur laut Kota Boyolali, Bila dari Bandara Adi Sumarmo ± 1,5 KM (di sebelah barat bandara tepatnya). waduk dengan luas genangan 300 ha ini dibangun pada zaman Belanda, tujuannya untuk mengairi lahan sawah seluas 1.578 ha, bisa untuk latihan sky air.

Waduk ini menjadi salah satu spot untuk menikmati sunset, dan menjadi salah satu tempat nongkring di Boyolali untuk anak-anak muda, apalagi mereka yang menggemari fotografi. Pemandangan sunset di waduk ini sangat bagus. 

9. Objek Wisata Waduk Bade Boyolali

Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah Waduk Bae. Waduk ini terletak di Desa Bade Kecamatan Klego. Waduk ini menjadi salah satu tempat nongkrong di Boyolali untuk menikmati sunset yang indah. Dari kejauhan tampak gunung Merapi dan gunung Merbabu yang tampak kecil. 



Bagi anda yang suka memancing, waduk ini bisa anda jadikan tempat seru untuk strike. Ada beberapa fasilitas pendukung di waduk Bade, diantaranya adalah:
  • Rumah Makan Lesehan / Floating Restaurant.
  • Wisata Air / Water Resort.
  • Pancingan / Fishing Area.
  • Area Lomba Burung (Bird of competition area) 
10. Kuliner Boyolali Sambel Tumpang 
 
Ada banyak kuliner khas Boyolali yang wajib anda coba, apalagi kalau sudah ada di Boyolali, tentu sangat sayang sekali untuk dilewatkan.


Sambal tumpang itu sambalnya terbuat dari tempe bosok (busuk) yang ditumbuk halus. Tempe bosok memang sengaja dibuat busuk dan dijual. Rasa yang ditimbulkan dari tempe bosok ini yaitu rasa sangit.

Namun rasa dari tempe bosok terasa berbeda ketika sudah diolah menjadi dan beberapa bumbu lain seperti kencur, daun jeruk, dll. Selain itu, di dalam Sambal Tumpang ini juga terdapat tahu yang diolah bersama Sambal Tumpang ini. Nasi Sambal Tumpang ini biasanya cocok untuk dihidangkan pada pagi hari sebagai menu makan pagi. Apalagi dengan nasi yang masih hangat. Nasi Sambal Tumpang ini cocok dinikmati dengan lauk Telur, Tempe, Bakwan, Rambak, Krupuk, dan Ayam.
Jiak anda tertarik untuk mencoba kuliner Boyolali yang satu ini, jangan khawatir karena ada banyak sekali penjual yang menawarkan sambal tumpang dengan rasa yang nikmat, seperti Mbok Nah di Ampel, Suprih di sebrang KUD Kota Boyolali, timur terminal bis Boyolali, Rumah Makan Elang Sari, dan lain-lain.Sebagaimana tren “kuliner malam”, banyak warung makan tenda khusus untuk sambel tumpang ini, bahkan memberi nama “Warung Bubur Tumpang”. 

11. Objek Wisata Seru Kampoeng Air Kragilan Boyolali 

Kampung Air Kragilan merupakan Desa wisata Boyolali yang tidak boleh anda lewatkan. Lokasinya berada di Dukuh Watugenuk, Desa Kragilan, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali.



Desa wisata ini menjadi salah sat destinasi wisata Boyolali yang menawarkan pemandangan alam yang asri, hijau dan alami dengan suara kemerciknya air dari bukit-bukit yang ada di sekitarnya.

Suasana alam yang sejuk dan tanpa polusi sangat cocok untuk bersantai bersama keluarga, apa lagi dengan adanya waterbom, live music, kantin dan saung-saung bambu. Bersama keluarga kita bisa berenang bermain air sambil menikmati udara yang segar dan pemandangan pepohonan yang hijau. Desa wisata ini terbilang komplit, dan sangat sayang sekali untuk dilewatkan.

12. Objek Wisata Arjuna Wijaya boyolali 

Legenda arjuna menjadi salah satu cerita yang populer di tengah-tengah masyarakat kita. Dahulu, pada masa kejayaannya, Arjuna dinobatkan menjadi Raja di kahyangan Raindra dan Arjuna sebagai Raja Kahyangan tersebut di anugrahi Pusaka – pusaka sakti mandraguna berwujud, gendhawa dari Bathara Indra, Panah Ardadhadali dan Bathara Kuwera, sedangkan Panah Cunda manik pemberian dari Bathara Narada.


Hingga kini, Arjuna sangat dikenalsebagai tokoh heroik yang mampu mengalahkan Raja Raksasa, Prabu Niwata Kacwaca dengan pusakanya gendewa dan panah saktinya. Nah, di Boyolali, dibuatlah simpang lima yang di tengah – tengahnya terdapat patung Arjuna Wijaya, dengan gagahnya menaiki kuda, dengan memegang gendewa dan panah bahkan patung kudanya terdiri dari 13 patung kuda. Tempat tersebut sekarang menjadi tempat nongkrong anak-anak muda. 

13. Tirto Marto Pengging Boyolali 

Satu lagi tempat pemandian di Boyolali yang sudah ada sejak zaman keraton Surakarta dahulu, yaitu Pemandian Tirto Marto Pengging. Objek wisata Boyolali yang satu ini cukup terkenal, lokasinya ada di Dukuh Banyudono, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah.


Bagi anda dan keluarga yang tertarik untuk mandi-mandi disini, anda dikenakan tiket masuk hanya Rp. 3000,- per orang saja. Sedangkan jika ingin berenang di kolam renang dikenakan tarif lagi sebesar Rp.10.000,- per orang.  Saat liburan, pemandian ini selalu ramai oleh wisatawan. Apalagi menjelang puasa, masyarakat di sekitarnya memiliki tradisi padusan, yaitu tradisi membersihkan diri sebelum memasuki bulan puasa. Memang, untuk membersihkan diri bisa dimana saja, termasuk di rumah sendiri, namun itulah tradisi masyarakat disini.

Objek wiwsata Boyolali ini terdiri dari 3 umbul alami yaitu Umbul Dudo, Umbul Ngabean dan Umbul Temanten. Ketiga umbul tersebut memiliki kisah yang berbeda dan menjadi latar belakang pemberian namanya. Ketiga umbul tersebut merupakan peninggalan dari Ki Ageng Pengging di jaman peralihan Kerajaan Majapahit ke Demak. 

14. Tikungan Irung Petruk 

Tikungan Irung Petruk merupakan sebuah nama tikungan Jalur Wisata Borobudur-Selo-Solo yang terletak di Desa Genting, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali sama dengan nama tikungan yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Tikungan Irung Petruk dikenal sebagai tikungan yang tajam, sempit, dan cukup berbahaya.


Disini anda bisa mencoba olahraga yang menguji adrenalin, Flying Fox yang panjangnya mencapai 300 m dan lintasan pendek sejauh 200 meter. Dengan ketinggian sekitar 25 meter, para pengendara kendaraan yang kebetulan melewati area ini banyak yang tertarik untuk mencobanya.

Jika anda tertarik untuk mencobanya, biaya yang dikenakan hanya Rp 30.000,- saja.

15. Tempat Wisata Alun -Alun Boyolali

Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah alun-alun yang lokasinya ada di komplek perkantoran terpadu kabupaten Boyolali. Alun-alun ini menjadi tempat untuk rekreasi keluarga sekaligus tempat untuk nongkrong anak-anak muda pada sore hari. 



Alun-alun Boyolali ini diresmikan pada 20114 lalu. Uniknya, di sekitar alun-alun ini anda bisa menjumpai 5 tempat ibadah yang berdampingan yang menandakan kerukunan dan toleransi. Setiap sore di alun-alun Boyolali tidak pernah sepi.

Di sekitar alun-alun ini anda juga bisa mencicipi aneka kuliner lezat. Juga disediakan tempat permainan anak-anak. Selain itu banyak mobil ontel yang disewakan sehingga keluaraga/pasangan muda-mudi dapat berkeling komplek perkantoran disekitar alun-alun, sobat juga bisa berfoto-foto di gedung putih boyolali. 

16. Objek Wisata Bukit Gancik Boyolali

Objek wisata Boyolali berikutnya adalah bukit Gancik. Bukit gancik ini lokasinya ada di kawasan lereng gunung Merbabu, tepatnya di Dsn. Selo Nduwur, Ds. Selo, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk diharga Rp5.000/motor. 



17. Objek Wisata Alam Sutera Boyolali


Lokasi objek wisata alam sutera ini ada di kawasan punggung gunung Merapi, tepatnya di Dsn. Pojok, Ds. Samiran, Kec. Selo, Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk dihargai Rp2.000/motor. 


18. Objek Wisata Oemah Bamboo Merapi

Oemah Bamboo Merapi merupakan salah satu objek wisata terbaru di Boyolali. Objek wisata ini menjadi salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan gunung merapi serta pemandangan menghijau di sekitarnya. Lokasi objek wisata ini ada di kawasan jalur pendakian merapi via New Selo, tepatnya di Dsn. Plalangan, Ds. Lencoh, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Harga tiket masuk Rp5.000/motor. 

19. Objek Wisata Watu Blerek

Selanjutnya, saat liburan di kawasan wisata selo jangan lupa untuk mampir ke objek wisata watu blerek. Lokasi objek wisata ini ada di Dsn. Tegalsruni, Ds. Samiran, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp2.000/motor. 



20. Restu Wijaya Water Boom


Objek wisata Boyolali selanjutnya adalah Restu Wijaya Water Boom. Restu Wijaya Water Boom lokasinya ada di Jln. Simo – Bangak (Depan POM Bensin Simo), tepat di Ds. Pelem, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 


21. Museum R. Hamong Wardoyo

Selanjutnya, anda juga bisa mengunjungi Museum R. Hamong Wardoyo. Lokasi Museum R. Hamong Wardoyo ada di Jl. Pandanaran No.19, Siswodipuran, Kecamatan. Boyolali Kota, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. 

22. Umbul Tirtomulyo

Objek wisata Boyolali selanjutnya masih berupa pemandian alam. Lokasi Umbul Tirtomulyo ada di Ds. Kemasan, Kec. Sawit, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Buat kamu yang pingin mandi ala-ala kerajaan, bisa ke sini. 


23. Curug Juwangi

Objek wisata Boyolali berikutnya yang kami rekomendasikan untuk anda adalah Curug Juwangi. Lokasi Curug Juwangi ada di kawasan Kecamatan Juwangi, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Untuk tiket masuknya, belum ditetapkan secara resmi. 


24. Objek Wisata Air Terjun Watu Abang Boyolali

Selanjutnya, anda bisa mengunjungi Air Terjun Watu Abang untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman atau keluarga tercinta. Air terjun ini sebenarnya merupakan anakan dari air terjun Semuncar dengan ketinggian sekitar 5 meter. 



Untuk anda yang tertarik mengunjungi air terjun ini, silahkan datang aja ke Kecamatan Ampel, Boyolali, Jawa Tengah. Tak jauh dari Air Terun Watu Abang, terdapat pula air terjun Tempuran yang juga merupakan anakan dari air terjun Semuncar. Untuk lokasi tepatnya, silahkan tanyakan dengan warga ya. 

25. Pemandian Alami Kedung Goro Boyolali


Objek wisata Boyolali berikutnya adalah Kedung Goro. Lokasi Kedung Goro ada di Ds. Bolo, Kec. Wonosegoro, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk gratis. Buat yang nggak bisa berenang, mending nggak usah coba-coba mainan air ke tengah yak. Bahaya. 


26. Objek Wisata Taman Alam Surapatna Boyolali

Anda juga bisa mengunjungi Taman Alam Surapatna untuk menghabiskan waktu liburan anda bersama orang tercinta. Lokasi taman alam surapatna ini ada di Ds. Pantaran, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tempat wisata ini terbilang masih sangat baru. Jika ke Boyolali, jangan lupa mampir ke sini ya! 


27. Objek Wisata Danau Tengah Sawah Boyolali


Objek wisata di Boyolali yang tidak kalah menarik untuk kita kunjungi adalah Danau Tengah Sawah. Sebenarnya danau tengah sawah sendiri merupakan cafe atau resto yang terletak di Dsn. Menoro, Ds. Jembungan, Kec. Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah. Buka dari jam 9 pagi sampai jam 10 malam. 


28. Lembah Gunung Madu

Anda juga bisa mengunjungi Lembah Gunung Madu yang ada di kawasan jl. Raya Simo-Klego, Ds. Gunung madu, Kec. Simo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tidak ada tiket masuk hanya membayar parkir Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. 

29. Spot Selfie Jembatan Gantung

Untuk anda yang doyan selfie, salah satu spot untuk foto di Boyolali adalah jembatan gantung yang ada di lereng Gunung Merapi, tepatnya di kawasan Salaran Jrakah, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tidak ada pungutan biaya alias gratis untuk bisa foto-foto di sini.

30. Objek Wisata Gardu Pandang Suroteleng

Objek wisata di Boyolali selanjutnya adalah Gardu Pandang Suroteleng. Gardu pandang ini ada di kawasan Bukit Batur, tepatnya di Ds. Suroteleng, Kec. Selo, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuk Rp6.000. 


31. Objek Wisata Tikungan Cinta

Kalau anda sering kena tikung oleh teman sendiri, jangan sedih dan jangan panik, datang aja ke objek wosata tikung cinta, dijamin disini anda tidak akan kena tikung lagi deh. 😀 Lokasinya ada di Ds. Cluntang, Kec. Musuk, Kab. Boyolali, Jawa Tengah. Tiket masuknya Rp2.000/motor dan Rp5.000/mobil. 

32. Bukit Kinasih

Objek wisata di Boyolali yang terakhir dari kami adalah bukit Kinasih yang ada di di Dsn. Passah, Ds. Sanden Kec. selo, Boyolali, Jawa Tengah. Untuk kamu yang ingin mengunjungi Bukit Kinasih, kamu cukup membayar tiket Rp2.000/motor. 


Bukit Kinasih 

Bagaimana? Anda tertarik untuk menikmati liburan di boyolali?
silahkan kunjungi untuk keluarga anda..