Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penangkal Corona Konsumsi Rempah Tradisional Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fidhatips, Semua lapisan masyarakat diajak hidup sehat untuk kuat berhadapan dengan beragam penyakit baik bakteri dan virus. Termasuk melawan virus corona yang dianggap sebagai momok saat ini bagi semua orang. Untuk melawan berbagai penyakit meningkatkan daya tahan tubuh adalah utama. Daya tahan tubuh bisa di dapat dengan makan sehat, menghindari stres, dan berolahraga.


Salah satu bahan alami yang populer disebut untuk melawan corona yaitu rempah-rempah. Banyak beberapa sumber dan Bapak Presiden pun mengajak masyarakat kembali mengoptimalkan rempah tradisional atau empon-empon sebagai upaya terhindar dari virus corona (Covid-19) yang telah masuk ke Indonesia.

Inti utama agar terhindar dari corona ini diperlukan kekebalan tubuh yang maksimal agar terhindar dari kemungkinan terkena penyebaran virus corona dan virus lainya. Tubuh manusia sebenarnya sudah dilengkapi dengan antibody, daya imun atau kekebalan tubuh untuk menjaga dari berbagai penyakit dan virus.

Daya imun drop mengakibatkan penyakit dan berbagai virus mudah menyerang, serta menyebabkan tubuh menjadi sakit. Untuk menjaga agar imunitas tetap terjaga dengan baik maka diperlukan berbagai upaya. Seperti adanya manajemen stres yang baik, menjaga pola makan, istirahat dan olahraga teratur.


Menurut beberapa sumber fungsi utama mengkunsumsi rempah-rempah / empon-empon yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dengan daya tubuh yang fit maka daya imun semakin kebal maka akan terhindar dari berbagai penyakit baik virus atau bakteri. Demikian sebagian rempah-rempah yang dapat berfungsi untuk daya tahan tubuh.

Rempah-Rempah Tradisional

1. Kunyit

Salah satunya yang memiliki antioksidan sangat baik untuk menguatkan kekebalan tubuh. Bisa anda membuat minuman dari kunyit. Penelitian mengungkapkan kunyit memang memiliki manfaat menyehatkan bagi tubuh.

Untuk mengkunsumsinya bisa campurkan kunyit berbentuk bubuk ke dalam makanan dan minuman. bisa konsumsilah kunyit berbentuk ekstrak cair, Ekstrak cair kunyit dijual di toko makanan kesehatan dan bagian vitamin di toserba.

Salah satunya telah dibuktikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. Studi dalam jurnal tersebut mengungkapkan bahwa kunyit memiliki senyawa aktif bernama curcumin yang secara efektif dapat mematikan beberapa jenis sel kanker.

2. Jahe

Minuman dari jahe bisa mengonsumsi susu telor madu jahe (STMJ), kemudian minuman herbal pokak yang memiliki kegunaan menguatkan kekebalan tubuh. Bahan alam itu akan selalu lebih cepat diterima dan menyatu dengan tubuh. Konsumsi teratur dan rutin atau minimal tiga kali dalam sepekan, bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman jahe hangat.

Satu cangkir penuh jahe segar cincang mengandung sekitar 80 kalori, 18 gram karbohidrat, dan 2 gram serat, serta protein. Satu sendok makan jahe juga bisa menambah sekitar 5 kalori. Setiap satu gigitan jahe juga mengandung vitamin dan mineral. Seperti zat besi, vitamin C, kalium, magnesium, dan seng.

3. Temulawak

Sedang temulawak bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri karena kandungan xantorrhizolnya. Temulawak juga bisa mengobati antiradang, kaya antioksidan, mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, dan baik untuk melancarkan peredaran darah.

Untuk mendapatkan manfaat temulawak, herbal yang satu ini biasanya diolah sebagai jamu temulawak atau minuman. Sekarang mungkin sudah tersedia beberapa temulawak kemasan yang praktis. Namun, jika ada mau mencoba membuatnya sendiri, tak perlu bingung. Berikut berbagai resep jamu temulawak yang bisa Anda coba di rumah.

3. Lada hitam

Lada hitam juga memiliki segudang manfaat mulai dari meredakan peradangan, melawan radikal bebas, melawan infeksi bakteri hingga mencegah perkembangan sel kanker. Makanan yang mengandung lada hitam juga membantu mengobati gejala flu dan melancarkan hidung tersumbat.

Lada hitam bisa ditambahkan ke dalam berbagai makanan. Sensasi rasa pedasnya membuat makanan lebih menggugah selera. Cobalah rutin menambahkan lada hitam pada masakan untuk mendapatkan khasiat maksimal.

Demikian artikel tentang Rempah Tradisional Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh yang dianggap sebagai penangkal virus korona, semoga artikel bermanfaat bagi anda semua tunggu artikel menarik lainya di  fidhatips. terimakasih